Korelasi Aspek Kognitif, Sikap Konatif Dan Motivasi Terhadap Literasi Fisik Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Program Sarjana

Saputra, Doni (2023) Korelasi Aspek Kognitif, Sikap Konatif Dan Motivasi Terhadap Literasi Fisik Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Program Sarjana. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_doni saputra_21604251023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mendeskripsikan korelasi aspek kognitif terhadap literasi fisik mahasiswa PJSD. (2) Untuk mendeskripsikan korelasi sikap konatif terhadap literasi fisik mahasiswa PJSD. (3) Untuk mendeskripsikan korelasi motivasi terhadap literasi fisik mahasiswa PJSD. (4) Untuk mendeskripsikan besarnya korelasi aspek kognitif, sikap konatif dan motivasi terhadap literasi fisik mahasiswa PJSD. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Metode Korelasional digunakan untuk 1) mengukur hubungan di antara berbagai variabel, 2) meramalkan variabel tak bebas dari pengetahuan kita tentang variable bebas, dan 3) meratakan jalan untuk membuat rancangan penelitianeksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar program sarjana angkatan 2021 dan 2022 yang berjumlah 268 mahasiswa. Teknik samplingmenggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5% berjumlah 160 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi berganda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel aspek kognitif disimpulkan bahwa pada mahasiswa prodi PJSD program sarjana dalam kategori sedang dengan persentase 57% (91 orang) dan terdapat hubungan aspek kognitif terhadap literasi fisik dengan nilai signifikansi 0,044. (2) Variabel sikap konatif disimpulkan bahwa pada mahasiswa prodi PJSD program sarjana dalam kategori sedang dengan persentase 37% (59 orang) dan terdapat hubungan sikap konatif terhadap literasi fisik dengan nilai signifikansi 0,018. (3) Variabel motivasi disimpulkan bahwa pada mahasiswa prodi PJSD program sarjana dalam kategori sedang dengan persentase 54% (86 orang) dan terdapat hubungan motivasi terhadap literasi fisik dengan nilai signifikansi 0,046. (4) Variabel literasi fisik disimpulkan bahwa literasi fisik pada mahasiswa prodi PJSD program sarjana dalam kategori sedang dengan persentase 48% (77 orang) dan terdapat hubungan aspek kognitif, sikap konatif, dan motivasi terhadap literasi fisik dengan nilai signifikansi 0,043.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kognitif, literasi fisik, motivasi, sikap konatif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:04
Last Modified: 05 Sep 2023 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78757

Actions (login required)

View Item View Item