Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten Sleman

Saputra, Muhammad Wigi (2023) Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad wigi saputra_21604251033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman berdasarkan Antecedents, Transactions, dan Outcomes. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model Stake. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK SD Negeri se-Kabupaten Sleman. Teknik sampling menggunakan quota random sampling, dengan toleransi kesalahan yang digunakan yakni 5%, yaitu sejumlah 188 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan hasil evaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman hasilnya pada kategori kurang. (2) Antecedents evaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman hasilnya pada kategori baik. Indikator menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual sebesar 3,31 pada kategori baik, indikator menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik sebesar 3,30 pada kategori baik, indikator mengembangkan kurikulum PJOK sebesar 3,23 pada kategori kurang, indikator menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik sebesar 3,29 pada kategori baik (3) Transactions evaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman hasilnya pada kategori sangat kurang. Indikator memanfaatkan teknologi informasi unruk kepentingan pembelajar sebesar 3,08 pada kategori sangat kurang, indikator memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki sebesar 3,28 pada kategori baik, indikator berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik sebesar 3,32 pada kategori baik. (4) Outcomes evaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman hasilnya pada kategori Sangat Kurang. Indikator menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sebesar 3,27 pada kategori baik, indikator memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran sebesar 3,24 pada kategori kurang, dan indikator melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 3,13 pada kategori sangat kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran PJOK, kompetensi pedagogik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:29
Last Modified: 04 Sep 2023 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78747

Actions (login required)

View Item View Item