UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BAGI SISWA KELAS II A SEKOLAH DASAR NEGERI SINDUADI 1 MLATI KABUPATEN SLEMAN

NOVITASARI, PRASETYANINGSIH (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BAGI SISWA KELAS II A SEKOLAH DASAR NEGERI SINDUADI 1 MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108247062.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 - 08108247062.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 - 08108247062.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 - 08108247062.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran- 08108247062.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui permainan kartu kata bagi siswa kelas IIA Sekolah Dasar (SD) Negeri Sinduadi 1 Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IIA SD Negeri Sinduadi 1 Mlati sebanyak 34 siswa, terdiri dari 18 siswa putri dan 16 siswa putra. Objek penelitian berupa kemampuanmenulis kalimat sederhana siswa kelas IIA SD Negeri Sinduadi 1 Mlati dengan metode permainan kartu kata.Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan wawancara.Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II A SD Negeri Sinduadi 1 Mlati. Hasil observasi selama pembelajaran menunjukkan pada pratindakan dari 34 siswa belum ada satupun yang aktif dalam pembelajaran, setelah permainan menyusun kata dan kalimat pada siklus I sebanyak 25 siswa aktif dalam pembelajaran, melalui permainan meloncat bulatan kata pada siklus II sebanyak 34 siswa aktif dalam pembelajaran. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan nilai rata-rata siswa pratindakan sebesar 64, 70 termasuk pada kategori kurang dengan pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 20,59 %. Rata-rata nilai menulis kalimat sederhana pada siklus I sebesar 71,38 pada kategori baik dengan pencapaian KKM 29,41 % dan rata-rata nilai menulis kalimat sederhana pada siklus II meningkat menjadi 80,79 termasuk pada kategori baik sekali dengan pencapaian KKM 85,29 %. Kata Kunci: kemampuan menulis, menulis kalimat sederhana, permainan kartu kata

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, menulis kalimat sederhana, permainan kartu kata.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7871

Actions (login required)

View Item View Item