Perbandingan Gaya Mengajar Komando dan Resiprokal Te rhadap Hasil Belajar Lay Up Dalam Permainan Bola Basket Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Semanu Kab. Gunungkidul

Fadhila, Moh. Iqbal (2023) Perbandingan Gaya Mengajar Komando dan Resiprokal Te rhadap Hasil Belajar Lay Up Dalam Permainan Bola Basket Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Semanu Kab. Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_moh iqbal fadhila_19601244058.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk m engetahui perbadingan dari gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar lay up pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Semanu Kab . Gunungkidul . Untuk mengetahui perbandingan gaya mengajar yang sesuai dengan gerakan lay up yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran bola basket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design . Teknik pengam bilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling te rdiri dari kelas VIII A sejumlah 32 peserta didik dalam gaya komando dan kelas VIII B sejumlah 32 dalam gaya resiprokal. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi pembelajaran , RPP, tes kiner ja lay up yang divalidasi oleh validator ahli (expert judgement Data diolah menggunakan program software SPSS version 25.0 for windows menggunakan uji t perbedaan dua bentuk gaya mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbandingan gaya mengajar komando dan resiprokal terhadap hasil belajar lay up pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Semanu Kab. Gunungkidul, dengan nilai rata rata pretest hasil belajar lay up yang menggunakan gaya komando 11, 1 dan rata rata posttest 15, 2 sedangkan yang meng gunakan gaya mengajar resiprokal nilai rata rata pretest 10, 9 dan posttest 14, 4 . Dengan demikian dapat simpulkan bahwa, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar lay up pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Seman u Kab. Gunungkidul yang menggunak an gaya mengajar komando lebih baik karena peserta didik memahami alur gerakan lay up dan menjadi lebih disiplin mematuhi perintah guru dibandingkan kelas yang menggunakan gaya mengajar resiprokal yang banyak melakukan interaksi dengan teman nya sehingga ko munikasi antar peserta didik menjadi lebih intensif untuk saling memberikan umpan balik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ngatman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: perbandingan, gaya komando, gaya resiprokal, lay up
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:40
Last Modified: 11 Sep 2023 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78697

Actions (login required)

View Item View Item