Model Pembelajaran Atletik berbasis Pemecahan Masalah dan Inklusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Atletik, Berpikir Tingkat Tinggi, dan Sikap Tanggungjawab Perserta Didik Sekolah Menengah Pertama

Kurniawan, Dennis Dwi (2023) Model Pembelajaran Atletik berbasis Pemecahan Masalah dan Inklusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Atletik, Berpikir Tingkat Tinggi, dan Sikap Tanggungjawab Perserta Didik Sekolah Menengah Pertama. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dennis dwi kurniawan_20608261017.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan model pembelajaran atletik yang dikemas dalam bentuk buku panduan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan inklusi dalam pembelajaran PJOK materi atletik peserta didik SMP kelas 7. (2) menganalisis kelayakan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan inklusi dalam pembelajaran PJOK materi atletik peserta didik SMP kelas 7 berdasarkan ahli dan praktisi. (3) menganalisis efektivitas model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan inklusi dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar atletik, berpikir tingkat tinggi, dan sikap tanggung jawab peserta didik SMP kelas 7. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). langkah-langkah pengembangan menggunakan desain ADDIE yaitu tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Validator dilakukan pada ahli atletik, ahli pembelajaran penjas, dan ahli media. Implementasi terbatas dilakukan di 2 sekolah yaitu SMPN 2 Tempel dan SMPN 2 Sewon yang masing-masing diikuti oleh 1 guru dan 20 peserta didik. Implementasi lebih luas dilaksanakan di 8 sekolah dan melibatkan subjek penelitian yang terdiri dari satu guru PJOK dan 30 peserta didik pada masing-masing sekolah. Subjek penelitian pada tahap evaluasi atau uji efektivitas model pembelajaran yang dilaksanakan di dua sekolah dengan pembagian dua kelompok setiap sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket pada tahap analisis hingga implementasi. Instrumen tahap evaluasi atau uji efektivitas yaitu tes psikomotorik menggunakan lembar pengamatan keterampilan dan tes sprint 30 meter. Tes kognitif menggunakan LKPD materi lari jarak pendek dan jalan cepat dengan sistem analisis. Tes afektif menggunakan lembar pengamatan sikap tanggungjawab. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan model pembelajaran atletik berbasis pemecahan masalah dan inklusi untuk meningkatkan keterampilan dasar atletik, berpikir tingkat tinggi, dan sikap tanggungjawab peserta didik sekolah menengah pertama menggunakan metode ADDIE. Model pembelajaran yang dikembangkan memiliki alur sebagai berikut, (I) Student Oriented, (II) Prepare and Answer, (III) Teacher Explain, (IV) Athletics Activity, dan (V) Results Evaluation. (2) Model pembelajaran atletik berbasis pemecahan masalah dan inklusi untuk meningkatkan keterampilan dasar atletik, berpikir tingkat tinggi, dan sikap tanggungjawab peserta didik sekolah menengah pertama yang dikembangkan layak Berdasarkan penilaian R hitung tahap pengembangan ahli atletik sebesar 0,91 (layak), penilaian ahli pembelajaran penjas sebesar 0,93 (layak), dan penilaian ahli media pembelajaran sebesar 0,93 (layak). Penilaian R Hitung praktisi atau guru pada tahap implementasi terbatas sebesar 0,91 (layak) dan penilaian peserta didik 0,93 (layak). Penilaian R Hitung praktisi atau guru pada tahap implementasi lebih luas sebesar 0,93 (layak) dan penilaian peserta didik 0,95 (sangat layak). (3) Model pembelajaran berdasarkan uji t dan gain score dinyatakan efektif terhadap peningkatan keterampilan dasar atletik (0,71), berpikir tingkat tinggi (0,73) dan sikap tanggungjawab (p<0,05).

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor 1: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. Promotor 2: Dr. Eddy Purnomo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, atletik, pemecahan masalah, gaya inklusi, keterampilan gerak, berpikir tingkat tinggi, sikap tanggungjawab
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:35
Last Modified: 30 Aug 2023 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78672

Actions (login required)

View Item View Item