PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MUTIHAN, WATES, KULON PROGO

NAHARINI ENDAH, LESTARI (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MUTIHAN, WATES, KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241147.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241147.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241147.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241147.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran- 08108241147.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kooperatif model Group Investigation terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Mutihan, Wates, Kulon Progo. Selain tujuan umum di atas, penelitian ini juga memiliki tujuan khusus mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kooperatif model Group Investigation terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Mutihan, Wates, Kulon Progo yang berjumlah 59 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Group Investigation. Metode Penelitian ini adalah Quasi Experiment Pre Test-Post Test Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan mean hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 74 dengan standar deviasi 10,21 yang berarti lebih baik dari mean kelompok kontrol sebesar 73 dengan standar deviasi 11,07. Hasil observasi aktivitas siswa untuk kelompok eksperimen pada pertemuan pertama sebesar 74%, pertemuan kedua sebesar 48%, pertemuan ketiga sebesar 59%, dan pertemuan keempat sebesar 64%. Sedangkan aktivitas siswa kelompok kontrol pada pertemuan pertama sebesar 67%, pertemuan kedua 39%, pertemuan ketiga 54% dan pertemuan keempat 52%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Group Investigation mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Mutihan, Wates, Kulon Progo. Kata Kunci: hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model Group Investigation.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model Group Investigation.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:28
Last Modified: 29 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7861

Actions (login required)

View Item View Item