PENGARUH TEMAN SEKOLAH, PERSEPSI SISWA TENTANG PENAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI ILMU SOSIAL SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

HT. GITA PRIMA, AGUSTA (2012) PENGARUH TEMAN SEKOLAH, PERSEPSI SISWA TENTANG PENAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI ILMU SOSIAL SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-084032401020.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-084032401020.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-084032401020.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-084032401020.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-084032401020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh Teman Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012; (2) pengaruh Persepsi Siswa tentang Penampilan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012; (3) pengaruh Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012; (4) pengaruh Teman Sekolah, Persepsi Siswa tentang Penampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif, subjek penelitian adalah Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 81 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai Ujian Tengah Semester (UTS). Uji coba instrumen dilaksanakan pada 34 responden. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Teman Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y (0,327), r2 x1y (0,107) dan thitung (3,027) > ttabel (1,664) pada taraf siginifikansi 5%.; (2) Persepsi Siswa tentang Penampilan Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y (0,250), r2 x2y (0,062) dan thitung (2,294) > ttabel (1,664) pada taraf signifikansi 5%.; (3) Minat Belajar Akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx3y (0,515), r2 x3y (0,265) dan thitung (5,333) > ttabel (1,664) pada taraf signifikansi 5%.; (4) Teman Sekolah, Persepsi Siswa tentang Penampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai R(1,2,3) sebesar 0,521, R2 (1,2,3) sebesar 0,271 dan Fhitung (9,561) > Ftabel (3,11).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:28
Last Modified: 29 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7860

Actions (login required)

View Item View Item