Hariatmoko, Christoporus Tatag (2023) Pengaruh Metode Bermain dan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing dan Shooting Dalam Permainan Sepakbola. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_christoporus tatag hariatmoko_21633251058.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain dan metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament terhadap hasil pembelajaran keterampilan passing dan shooting dalam permainan sepakbola. Penelitian ini menggunakan metodologi kuanitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah para siswa sekolah menengah pertama yang berasal dari empat sekolah di DIY. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa wancara tidak terstruktur dan perlakukan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan uji prasyarat yang meliputi: uji normalitas, uji dan uji t. Hasil penelitian ini meunjukan bahwa kedua metode yang digunakan dalam penelitian ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil pembelajaran keterampilan passing dan shooting dalam permainan sepakbola. Para siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam melakukan operan dan tendangan kearah gawang. Dengan demikian kedua metode yang digunakan berdampak baik bagi para siswa dalam proses pembelajaran teknik dasar passing dan shooting dalam permainan sepakbola.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Komarudin, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | passing, shooting, metode bermain, TGT, siswa |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 04:20 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 04:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78524 |
Actions (login required)
View Item |