IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SEKOLAH DASAR PADA GUGUS 1 KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Siti, Nurkhayati (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SEKOLAH DASAR PADA GUGUS 1 KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241111.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241111.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241111.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241111.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108241111.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, (2) pelaksanaan pembelajaran tematik, (3) model penilaian yang digunakan dalam pembelajaran tematik, (4) hambatan-hambatan dalam implementasi model pembelajaran tematik di kelas III SD pada Gugus 1 Kecamatan Srandakan. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III Sekolah Dasar pada Gugus 1 di Kecamatan Srandakan yang sudah menerapkan model pembelajaran tematik dengan jumlah 8 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru sudah menyusun RPP berdasarkan tema. Adapun tema-tema yang dipilih oleh guru adalah pendidikan, permainan, kegemaran, lingkungan sekolah, dan peristiwa. (2) guru sudah menerapkan model pembelajaran tematik, namun dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas masih terlihat adanya pemisahan mata pelajaran. (3) guru sudah melakukan penilaian proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Penilaian proses digunakan untuk menilai tingkah laku, keaktifan, kerjasama, dan kebaranian siswa ketika mengikuti pembelajaran. Penilaian hasil pembelajaran dilakukan untuk menilai hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran. (4) hambatan-hambatan dalam implementasi model pembalajaran tematik yaitu kurangnya pemahaman guru tentang konsep model pembelajaran tematik, guru kesulitan menyamarkan sekat antar mata pelajaran karena masih berdasarkan jadwal pelajaran, menciptakan suasana aktif dan kreatif di kelas, keterbatasan alat peraga yang mendukung proses pembelajaran, belum tersedianya buku pelajaran yang memuat bahan ajar yang sudah terintegrasi, melaksanakan penilaian secara terintegrasi, dan menyusun format penilaian dalam berbagai aspek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran tematik
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7842

Actions (login required)

View Item View Item