Hubungan Partisipasi Orang Tua Dengan Motivasi Belajar PJOK Peserta Didik di SMP Negeri 2 Karangmojo

Jessi P., Alvian (2023) Hubungan Partisipasi Orang Tua Dengan Motivasi Belajar PJOK Peserta Didik di SMP Negeri 2 Karangmojo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_alvian jessi pratama_17601244021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi orang tua dengan motivasi belajar PJOK peserta didik di SMP Negeri 2 Karangmojo. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik di SMP Negeri 2 Karangmojo yang berjumlah 574 peserta didik. Menghitung ukuran sampel dari sebuah populasi yang telah ditentukan dapat menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% berjumlah 236 peserta didik. Instrumen partisipasi orang tua dan motivasi belajar PJOK diukur menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis correlation pruduct moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara partisipasi orang tua dengan motivasi belajar PJOK peserta didik SMP Negeri 2 Karangmojo, dengan r hitung 0,622 > r tabel 0,1275 dan p-value 0,000 < 0,05. Sumbangan partisipasi orang tua dengan motivasi belajar PJOK pada peserta didik SMP Negeri 2 Karangmojo sebesar 38,69%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa jika partisipasi orang tua semakin baik, maka motivasi belajar PJOK akan semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: partisipasi, orang tua, motivasi belajar PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2023 09:10
Last Modified: 31 Jul 2023 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78376

Actions (login required)

View Item View Item