Sulistyani, Anggraeni Mashinta and Prasetyo, Zuhdan Kun (2023) Model Green Science Learning Berorientasi Mitos Telaga Ranjeng untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep, Sikap Peduli Lingkungan dan Keterampilan Observasi. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-anggraeni mashinta sulistyani-17703261004.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Green Science Learning berorientasi mitos Telaga Ranjeng yang (1) valid, (2) praktis, dan (3) efektif untuk menumbuhkan pemahaman konsep, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan observasi. Penelitian ini merupakan research and development dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) dari Thiagarajan. Define yaitu menganalisis kebutuhan dan tujuan pengembangan model. Design yaitu memilih format dan merancang model sehingga diperoleh draft model. Develop yaitu memvalidasi draft model beserta instrumen kemudian uji coba kecil dan uji coba luas. Disseminate yaitu penyebaran model ke guru IPA. Subjek penelitian adalah guru IPA dan siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Bumiayu, SMP Negeri 03 Bumiayu, dan SMP Islam Ta’allamul Huda Bumiayu. Instrumen pengumpulan data pemahaman konsep menggunakan tes, sikap peduli lingkungan menggunakan kuisioner, dan keterampilan observasi menggunakan lembar observasi. Intrumen pengumpulan data divalidasi oleh ahli melalui triangulasi dan FGD. Data penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif. Intrumen dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji Manova). Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran dan perangkatnya dinyatakan sangat layak oleh para ahli melalui validasi ahli dan FGD. Skor dari validasi ahli terhadap model, petunjuk penggunaan model, LKPD, RPP, soal pemahaman konsep, kuisioner sikap peduli lingkungan, dan lembar observasi keterampilan observasi secara berturut-turut adalah 94,67; 95; 94; 95; 99; 98; dan 95. Tahap selanjutnya dilakukan revisi dan FGD sehingga diperoleh skor 100% layak digunakan. (2) Dalam hal kepraktisan menurut guru 90,71% aspek tampilan sangat praktis; 98,21% aspek penyajian materi sangat praktis; dan 100% aspek manfaat sangat praktis. Didukung menurut siswa 95,41% aspek tampilan sangat praktis; 95,57% aspek penyajian materi sangat praktis; dan 96,49% aspek manfaat sangat praktis. (3) Model Green Science Learning berorientasi mitos Telaga Ranjeng yang dikembangkan efektif secara signifikan untuk menumbuhkan pemahaman konsep, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan observasi siswa. Uji Manova menunjukkan nilai Sig. 0,00.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, keterampilan observasi, sikap peduli lingkungan |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 04:11 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 04:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78350 |
Actions (login required)
View Item |