Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial; dan Profesional Guru Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan pada Era Revolusi Industri 4.0 di Kabupaten Karanganyar.

Anwar, Choyrul and Sudira, Putu (2023) Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial; dan Profesional Guru Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan pada Era Revolusi Industri 4.0 di Kabupaten Karanganyar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-choyrul anwar-21702251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Guru kejuruan memegang peran penting dalam membekali peserta didik sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk menghadapi tantangan yang terjadi pada era Revolusi Industri 4.0 (R.I 4.0). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) peta kompetensi guru kejuruan di Kabupaten Karanganyar pada era R.I 4.0 ditinjau dari jenis kompetensinya. (2) peta kompetensi guru kejuruan tersebut ditinjau dari wilayah kecamatan pada era R.I 4.0, (3) perbedaan antara wilayah terkait dengan penguasaan kompetensi guru kejuruan pada era R.I 4.0, dan (4) hubungan antara kompetensi guru kejuruan dengan masa kerja pada era R.I 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Kompetensi yang dianalisis meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Populasi penelitian ini adalah SMK di Kabupaten Karanganyar. Sampel wilayah adalah Kecamatan Colomadu, Karanganyar, dan Jatipuro yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling, dengan 12 SMK sebagai objek penelitian. Dari 12 SMK tersebut, diperoleh 170 guru kejuruan menjadi sampel penelitian. Isi instrumen divalidasi melalui expert judgement dan validasi kontruk dilakukan dengan uji terbatas. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan Alpha Cronbach’s. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru kejuruan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji analysis of variance satu arah, dan korelasional. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kompetensi kepribadian guru kejuruan di Kabupaten Karanganyar lebih baik dibandingkan dengan kompetensi sosial, pedagogik dan profesional. Walaupun secara keseluruhan kompetensi termasuk dalam kategori baik, namun masih perlu perhatian khusus pada beberapa item indikator yang masih dalam kategori cukup. (2) Diperoleh peta penguasaan Kompetensi guru kejuruan di Kabupaten Karangayar ditinjau dari wilayah Kecamatan Colomadu, Karanganyar dan Jatipuro sebagai pedoman dalam melakukan pelatihan atau pengembangan aspek kompetensi guru kejuruan untuk menghadapi tantangan pada era R.I 4.0. (3) Penguasaan kompetensi guru kejuruan belum tersebar secara merata dan masih ada perbedaan yang signifikan di beberapa kecamatan. (4) Tidak ada hubungan yang signifikan antara masa kerja dengan kompetensi guru kejuruan. Artinya bahwa semua guru kejuruan harus diberikan pelatihan untuk menghadapi tantangan pada revolusi industri 4.0. Hasil tersebut menjadi masukan bagi instansi ataupun pemerintah untuk lebih memperhatikan guru kejuruan pada R.I 4.0.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru kejuruan, pemetaan kompetensi, Revolusi Industri 4.0
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:50
Last Modified: 26 Jul 2023 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78343

Actions (login required)

View Item View Item