Kusuma, Wahyu Mustafa and Haryanto, Haryanto (2023) Identitas Guru Kejuruan Abad 21 dan Kategorinya. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-wahyu mustafa kusuma-20702251003.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) identitas guru kejuruan abad 21 yang ideal berdasarkan literatur, (2) tingkat kematangan dari faktor identitas guru kejuruan abad 21, dan (3) kategori identitas guru kejuruan abad 21 menggunakan analisis diskriminan sehingga dapat diketahui persamaan fungsi diskriminannya. Penelitian ini merupakan penelitian multivariat dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei dan systematic literatur review. Penelitian dilakukan di SMK wilayah DIY dengan responden sebanyak 356 guru produktif SMK Negeri dan SMK Swasta pada berbagai kompetensi keahlian. Pengumpulan data menggunakan angket. Validitas angket diuji berdasarkan validitas isi melalui expert judgement dan validitas konstruk menggunakan product moment. Teknik analisis data menggunakan dekriptif kuantitatif dan analisis diskriminan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Identitas guru kejuruan abad 21 adalah atribut atau faktor ideal yang melekat dalam diri guru kejuruan berdasarkan tuntutan abad 21 diantaranya efikasi diri, komitmen, motivasi, kepuasan kerja, dan literasi digital sehingga dapat menjadikannya pendidik profesional dalam bidang kejuruan. (2) Tingkat kematangan identitas efikasi diri guru kejuruan abad 21 pada SMK negeri sebesar 80% dengan kategori baik dan pada SMK swasta sebesar 78% dengan kategori baik. Tingkat kematangan identitas komitmen guru SMK negeri sebesar 86% dengan kategori sangat baik dan guru SMK swasta sebesar 81% dengan kategori baik. Tingkat kematangan identitas motivasi guru SMK negeri sebesar 81% dengan kategori baik dan guru SMK swasta sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Tingkat kematangan identitas kepuasan kerja guru SMK negeri sebesar 81% dengan kategori baik dan guru SMK swasta sebesar 80% dengan kategori baik. Tingkat kematangan identitas literasi digital guru SMK negeri sebesar 85% dengan kategori sangat baik dan guru SMK swasta sebesar 84% dengan kategori sangat baik. (3) Kategori identitas guru kejuruan abad 21 menggunakan analisis diskriminan menunjukkan persamaan fungsi diskriminan yaitu D = – 0,191 ED – 0,354 K + 0,242 M – 0,032 KK – 0,007 LD, dengan nilai akurasi sebesar 71,38%. Persamaan fungsi diskriminan yang dihasilkan layak atau cukup akurat digunakan dalam memprediksi seorang guru SMK apakah masuk ke dalam kelompok atau kategori guru SMK Negeri atau guru SMK Swasta berdasarkan informasi dari perolehan nilai skor angket identitas guru kejuruan abad 21.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri, kepuasan kerja, komitmen, literasi digital, motivasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 05:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 05:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78342 |
Actions (login required)
View Item |