Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada Pendidikan Vokasional.

Fatin, Nabila Naila and Sofyan, Herminarto (2023) Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada Pendidikan Vokasional. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nabila naila fatin-20702251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) informasi mengenai implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada LPTK otomotif di DIY, (2) persepsi mahasiswa LPTK otomotif di DIY terhadap implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, dan (3) persepsi dosen LPTK otomotif di DIY terhadap implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods model sequential exploratory. Penelitian dilakukan di empat program studi LPTK otomotif di DIY, yaitu (1) Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UNY, (2) Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UST, (3) Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif UAD, dan (4) Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif UPY. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuisioner. Analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) keempat program studi LPTK otomotif yang diteliti telah mengimplementasikan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Perencanaan dilakukan dengan menyusun kurikulum sesuai kebijakan atau menyusun proposal kegiatan. Kegiatan di luar program studi yang diikuti mahasiswa adalah Kampus Mengajar, Magang Industri, Pertukaran Mahasiswa, KMMI, dan Studi Independen. Konversi penilaian dan partisipasi mahasiswa menjadi kendala implementasi karena kurangnya sosialisasi menyeluruh kepada mitra maupun mahasiswa; (2) persepsi mahasiswa empat program studi yang diteliti, yang dihimpun melalui indikator pengetahuan, ketertarikan, fasilitasi program studi, dan hasil, berada pada kategori setuju dengan rerata 75%. Artinya, mahasiswa memiliki persepsi yang cenderung positif dan setuju dengan pengimplementasian Merdeka Belajar – Kampus Merdeka; (3) persepsi dosen empat program studi yang diteliti, yang dihimpun melalui indikator perencanaan dan pelaksanaan, memiliki rerata 86% atau berada pada kategori sangat setuju dengan pengimplementasian Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Para dosen tersebut memiliki pemahaman terkait kebijakan dan turut serta mengimplementasikannya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, LPTK otomotif, Merdeka Belajar – Kampus Merdeka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:55
Last Modified: 24 Jul 2023 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78321

Actions (login required)

View Item View Item