Pengetahuan dan Kepatuhan K3: Studi Kasus Perilaku K3 Peserta Didik di Program Keahlian Teknik Las SMK Negeri di DIY.

Sampurno, Yoga Guntur and Pardjono, Pardjono (2023) Pengetahuan dan Kepatuhan K3: Studi Kasus Perilaku K3 Peserta Didik di Program Keahlian Teknik Las SMK Negeri di DIY. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-yoga guntur sampurno-14702269006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) pengetahuan peserta didik tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang diajarkan guru dan tanggapan mereka terhadap pembelajaran terkait materi tersebut, (2) perilaku peserta didik pada saat praktik di sekolah setelah mendapatkan materi K3, (3) faktor-faktor yang mendorong peserta didik untuk memiliki perilaku K3 yang baik dan (4) faktor- faktor yang mendorong peserta didik tidak memiliki perilaku K3 yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, dengan tahapan mengidentifikasi masalah penelitian, mengkaji literatur, merumuskan permasalahan penelitian, pengumpulan data penelitian, analisis data penelitian dan pelaporan penelitian. Tempat penelitian ini adalah tiga SMK negeri di Yogyakarta yang mempunyai reputasi terbaik dan mempunyai Program Keahlian yang mempelajari pengelasan. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang dipilih oleh teman sekelas sebagai peserta didik yang tertib dan yang kurang disiplin dalam melaksanakan aturan K3 saat praktik di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah pattern matching. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: guru telah menyampaikan materi K3 kepada peserta didik pada saat mata pelajaran teori ataupun praktik pengelasan, materi yang diberikan oleh guru terkait dengan K3 adalah pengenalan terhadap potensi cedera yang bisa dialami oleh welder, identifikasi bahaya pada saat proses pengelasan dan cara antisipasi potensi bahaya tersebut agar tidak timbul kecelakaan kerja, guru telah memberikan materi K3 dengan cukup jelas dan mereka memahami dengan baik, terdapat peserta didik yang berperilaku K3 yang tertib dan terdapat peserta didik yang kurang atau tidak patuh aturan K3 saat praktik, perilaku K3 yang baik yang teridentifikasi adalah menggunakan alat perlindungan diri (APD) yang layak dengan benar pada saat praktik, serius dan bersungguh-sungguh dalam praktik, tidak banyak bercanda, menunjukkan sikap baik, sikap tepat dan nyaman saat praktik dan tetap tertib aturan bahkan ketika tidak ada guru yang mengawasi kegiatan praktik, faktor-faktor yang mendorong peserta didik untuk patuh K3 adalah: (1) pengalaman kecelakaan kerja, (2) pengaruh keluarga, (3) melihat kecelakaan kerja yang dialami orang lain, (4) pemberian sanksi saat melanggar aturan, (5) keteladanan guru dan teknisi dan (6) kondisi dan keadaan bengkel yang mendukung. Peserta didik yang tidak patuh K3 tidak menggunakan APD, menyepelekan potensi kecelakaan kerja, sering bercanda dan mengganggu teman yang sedang bekerja serta tidak bersikap baik, tepat dan nyaman yang berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja pada saat praktik. Faktor-faktor yang mendorong peserta didik kurang patuh K3 adalah: (1) persepsi peserta didik terhadap potensi bahaya, (2) kurangnya rewards dan punishment serta (3) kepatuhan terhadap K3 dianggap tidak efisien dan praktis.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan K3, kepatuhan K3, perilaku K3
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:49
Last Modified: 20 Jul 2023 04:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78287

Actions (login required)

View Item View Item