Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Takraw di Sekolah Dasar Se- Kabupaten Purworejo

Adriyanto, Nicolaus Reza (2023) Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Takraw di Sekolah Dasar Se- Kabupaten Purworejo. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nicolaus reza adriyanto_21633251036.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil evaluasi context, input, process, product (CIPP) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Se- Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pelatih ekstrakurikuler dan peserta didik di Sekolah Dasar Se- Kabupaten Purworejo. mengambil 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang pelatih ekstrakurikuler dan beberapa peserta dari tiap Sekolah Dasar se- Kabupaten Purworejo. yang bersedia menjadi sampel dan mengisi kuesioner dari peneliti. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah 5 orang, pelatih ekstrakurikuler 5 orang dan peserta didik 50 orang. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, sedangkan data kualitatif dilakukan melalui penyajian data, reduksi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Purworejo. hasilnya pada kategori kurang. Selanjutnya dijelaskan masing-masing aspek evaluasi yaitu. (1) Context evaluasi pada keategori baik. Indikator tiap aspeknya latar belakang ekstrakurikuler dengan hasil 2,64 pada kategori baik, tujuan ekstrakurikuler dengan hasil 2,39 pada kategori kurang, program ekstrakurikuler dengan hasil 2,47 pada kategori kurang, maka dari ketiga aspek indikator dalam context hasilnya 2,50 pada kategori baik. (2) Input evaluasi pada kategori kurang. Indikator tiap aspeknya kondisi siswa dengan hasil 2,47 pada kategori kurang, sarana dan prasaraana dengan hasil 2,37 pada kategori kurang, kompetensi pelatih ekstrakurikuler 2,53 pada kategori baik, maka dari ketiga aspek indikatornya dalam input hasilnya sebesar 2,46 pada kategori kurang. (3) Process evaluasi pada kategori kurang. Indikator tiap aspeknya pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler dengan hasil 2,29 pada kategori kurang, evaluasi program ekstrakurikuler sebesar 2,40 pada kategori kurang, maka dari kedua aspek indikatornya dalam proses hasilnya sebesar 2,34 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi pada kategori kurang. Indikator tiap aspeknya khasil kegiatan ekstrakurikuler sebesar 2,27 pada kategori kurang, maka dari aspek ini indikatronya dalam proses hasilnya sebesar 2,27 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, ekstrakurikuler, sepak takraw
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:01
Last Modified: 21 Aug 2023 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78285

Actions (login required)

View Item View Item