Dampak Pembelajaran Permainan Invasi Berbasis Nonlinear Pedagogy Terhadap Peningkatan Ranah Peserta Didik

Kaloka, Pasca Tri (2023) Dampak Pembelajaran Permainan Invasi Berbasis Nonlinear Pedagogy Terhadap Peningkatan Ranah Peserta Didik. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_pasca tri kaloka_20608261027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran invasi berbasis nonlinear pedagogy pada peningkatan decision making, skill acquisition, dan communication pada peserta didik kelas atas. Model pembelajaran yang digunakan pada nonlinear pedagogy yaitu Teaching Game for Understanding (TGFU), Cooperative Learning (CL) dan Sport Education (SE), Pembelajaran model pembelajaran langsung dengan pendekatan linear pedagogy, dan model pembelajaran gaya komando (kontrol) memberikan pengaruh yang berbeda terhadap keefektifan dalam aspek ranah decision making, skill acquisition dan communication pada peserta didik kelas atas sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu untuk mengetahui perbandingan efektivitas pendekatan model pembelajaran, dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ungaran 1 Kota Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari populasi peserta didik kelas VI dan V sampel penelitian menggunakan simple random sampling didapat kelas VI C, VI D, dan V C sebanyak 82 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan metode pre-post test dengan instrumen game performance assessment for invasion game. Uji hipotesis dianalisis secara two-way anova untuk melihat perbedaan between dan within antar kelompok, one-way anova untuk melihat perbedaan rata-rata antar kelompok, dan paired sample t-test untuk melihat perbedaan signifikan setiap kelompok. Hasil Penelitian sebagai berikut (1) Pembelajaran model hybrid dengan pendekatan nonlinear pedagogi pada permainan invasi memperoleh peningkatan yang signifikan pada aspek decision making (

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor 1: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. Promotor 2: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: nonlinear pedagogi, decision making, skill acquisition, communication, pembelajaran, sekolah dasar
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:30
Last Modified: 21 Aug 2023 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78273

Actions (login required)

View Item View Item