PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PECAHAN PERBANDINGAN DAN SKALA DENGANPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNINGPADA SISWA KELAS VI SD MANDUNGAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Rini, Siswanti (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PECAHAN PERBANDINGAN DAN SKALA DENGANPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNINGPADA SISWA KELAS VI SD MANDUNGAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 10108247118.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 10108247118.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 10108247118.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 10108247118.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 10108247118.pdf

Download (270MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanpemecahan masalah pecahan perbandingan dan skala dengan penerapan pendekatanProblem BasedLearningpadasiswa kelas VI SD Mandungan Piyungan Bantul. Subjek penelitianadalah siswa kelas VI SD Mandungan Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul.Metode pengumpulan datayang digunakanadalah tes, observasi, wawancara, dan angket. Uji validitas instrumen yang digunakan adalahcontent validity(validitas isi) , materi divalidasi denganexpert judgement validaty(pendapat ahli).Data peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah perbandingan diperoleh melaluipenilaian proses, dan tes hasil belajar. Peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa memecahkan masalah, dan pengisian angket. Hasil penelitiannya adalahkemampuan pemecahan masalah pecahan perbandingan dan skala siswa kelas VI SD Mandungan mengalami peningkatan. Berdasarkan tes hasil belajarpra tindakanrerata nilai siswa6,01; siklus pertama 7,04; siklus kedua 8,17. Siswa yang mendapat nilai di atasKKMpra tindakanada 58 %, sikluspertama ada 68 %, dan di sikluskedua 100%. Hasil observasi aktivitas siswadalam memecahkan masalahsiklus 1kategorirendah 11%, sedang 74%, dan tinggi 15%. Siklus keduasiswa yang beraktivitaskategorirendah 5%, sedang 11%, dan tinggi 84%. Berdasarkan hasil angket hampir 85 %siswa merespon positifterhadap pembelajaran pemecahan masalah dengan pendekatan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan,Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Pecahan Perbandingandan Skala
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item