Manaf, Bagus Sidik Abdul (2023) Hubungan Sarana Prasarana Media Pembelajaran Serta Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Peserta Didik di SMP Se-Kabupaten Purbalingga. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_bagus sidik abdul manaf_21633251023.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sarana prasarana, media pembelajaran, serta motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani peserta didik di SMP Se-Kabupaten Purbalingga. Diharapkan, hasil dari penelitian ini dapat berguna dalam pengembangan disiplin ilmu Pendidikan yang memberikan penjelasan secara terperinci dan sistematis mengenai hubungan sarana prasarana, media pembelajaran, serta motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani di SMP Se-Kabupaten Purbalingga serta dapat digunakan sebagai bahan rujukan referensi untuk penelitian berikutnya yang sejenis dalam rangka meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif korealasional. Penelitian ini dilaksanakan pada beberapa sekolah SMP yang berada di Kabupaten Purbalingga pada bulan Januari 2023. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu total sampling yang digunakan untuk mengumpulkan 55 sekolah-sekolah di Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian angket kepada guru, adapun mekanismenya adalah mencari data guru SMP se-kabupaten Purbalingga sebagai guru PJOK lalu menyebarkan angket dan mengumpulkan hasil belajar. Setelah memperoleh data penelitian, data diolah menggunakan SPSS kemudian peneliti mengambil kesimpulan dan saran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara sarana prasarana terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kabupaten Purbalingga, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Ada hubungan yang signifikan antara media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kabupaten Purbalingga, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kabupaten Purbalingga, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Ada hubungan yang signifikan antara sarana prasarana media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kabupaten Purbalingga, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sarana prasarana, media pembelajaran serta motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani peserta didik di SMP Se Kabupaten Purbalingga.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Subagyo, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | sarana prasarana, media pembelajaran, ,motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:44 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78228 |
Actions (login required)
View Item |