Ishak, Suryadi and Retnawati, Heri (2023) Pengembangan Model Penilaian Holistik Matematika. S3 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi-suryadi ishak-15701261016.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) model penilaian holistik matematika Sekolah Menengah Pertama yang layak; (2) informasi mengenai kualitas instrumen model penilaian holistik matematika Sekolah Menengah Pertama kelas VIII semester ganjil yang dikembangkan ditinjau dari validitas, reliabilitas dan karakteristik butir Soal; (3) kepraktisan model penilaian holistik matematika Sekolah Menengah Pertama dan (4) efektifitas model penilain holistik matematika Sekolah Menengah Pertama kelas VIII semester ganjil. Penelitian pengembangan ini menggunakan 10 langkah Borg dan Gall agar produk yang dihasilkan layak, Instrumen yang ada dalam model dibuktikan validitas isinya melalui expert judgment diteruskan dengan formula Aiken. Pembuktian validitas konstruknya, instrumen diuji cobakan pada 530 siswa SMP VIII semester ganjil kemudian dianalisis menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan butir instrumen dianalisis menggunakan model GPCM. Kapraktisan model penilaian holistik matematika dilakukan oleh guru dengan cara menganalisis hasil penilaian yang dilakukan oleh guru melalui lembar pengamatan kepraktisan model penilaian holistik matematika. Sementara keefektifan model ditentukan dengan cara menghitung rerata hasil pencapaian prestasi belajar peserta didik model penilaian holistik matematika, dan respons siswa terhadap model penilaian holistik matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model penilaian holistik matematika Sekolah Menengah Pertama memenuhi syarat layak; (2) instrumen yang digunakan dalam model penelitian holistik matematika menunjukkan instrumen yang digunakan valid, memiliki reliabilitas yang baik dan karakteristik butir-butir soal yang baik; (3) model penilaian holistik dalam pembelajaran matematika Sekolah Menengah Pertama kelas VIII semester ganjil memenuhi syarat praktis baik pada panduan, prosedur penilaian holistik matematika dan instrumen penilaian holistik matematika; (4) model penilaian holistik dalam pembelajaran matematika Sekolah Menengah Pertama kelas VIII semester ganjil terbukti efektif dengan memenuhi syarat 2 komponen keefektifan yaitu analisis Independent Samples Test (Uji perbedaan) menunjukkan perbedaan signifikan antara penggunaan model penilaian holistik matematika dengan penggunaan model konvensional. Respon siswa terhadap model penilaian holistik matematika memenuhi kriteria respon siswa terhadap model penilaian holistik matematika baik.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Model Penilaian, Holistik Matematika iii |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:23 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |