Pengembangan Model Fasilitasi dan Motivasi Kolaboratif pada Diklat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Alam, Mustabirin and Sofyan, Herminarto (2023) Pengembangan Model Fasilitasi dan Motivasi Kolaboratif pada Diklat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-mustabirin alam-16703261006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Model Fasilitasi dan Motivasi Kolaboratif (MFMK) yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Pengembangan MFMK sebagai alternatif pola pembelajaran dalam diklat yang diterapkan di LPMP Provinsi Kalimantan Tengah. Pengembangan MFMK menggunakan model ADDIE, yakni meliputi langkah- langkah: (1) analisis (analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan (development), (4) penerapan (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). MFMK yang dikembangkan memiliki langkah-langkah: (1) orientasi, (2) penyelarasan, (3) eksplorasi, dan (4) kolaborasi. Produk yang dihasilkan berupa buku MFMK. Selain itu juga dikembangkan instrumen pendukung berupa instrumen evaluasi dan instrumen validasi. Instrumen evaluasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil uji coba implementasi MFMK, instrumen ini terdiri dari: (1) Instrumen Respon Terhadap Implementasi MFMK, dan (2) Instrumen Pengamatan Aktivitas Terhadap Implementasi MFMK. Instrumen validasi digunakan untuk menilai validitas buku model dan instrumen evaluasi. Hasil validasi terhadap buku MFMK berada dalam kategori sangat valid. Sehingga Model Fasilitasi dan Motivasi Kolaboratif yang terdapat dalam buku model memenuhi kriteria valid. Adapun hasil validasi dari kedua instrumen evaluasi dalam kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MFMK telah memenuhi kriteria valid, efektif & praktis. Pada uji coba yang dilaksanakan dalam pembelajaran 2 (dua) mata diklat dari Diklat Penguatan Kepala Sekolah, hasilnya menunjukkan bahwa implementasi MFMK berada pada kategori sangat efektif dan sangat praktis. Efektifitas penerapan MFMK berdasarkan hasil respon pada kedua mata diklat tersebut adalah 4,64 dan 4,77 pada skala 5, sehingga berada dalam kategori sangat efektif. Respon pada kedua mata diklat ujicoba juga menunjukkan adanya keterjagaan motivasi peserta dan penguatan peran pengajar sebagai fasilitator. Adapun kepraktisan, berdasarkan hasil pengamatan pada kedua mata diklat tersebut adalah 4,47 dan 4,69 pada skala 5, sehingga berada pada kategori sangat praktis. Ini menunjukkan langkah-langkah model FMK dapat dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: fasilitasi, model pembelajaran, motivasi kolaboratif, pembelajaran orang dewasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:30
Last Modified: 22 Jun 2023 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78119

Actions (login required)

View Item View Item