Pengembangan Model Pembelajaran Niteni, Niroake, Nambahi untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini

Hayati, Nur and Suparno, Suparno (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Niteni, Niroake, Nambahi untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-nur hayati-18703264006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran niteni, niroake, nambahi untuk mengembangkan karakter anak usia dini yang layak, efektif, praktis dan sesuai dengan kebutuhan. Penelitian pengembangan ini mengacu model R&D yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu 1) studi pendahuluan melalui survei ke103 guru TK dan studi literatur, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal yang terdiri dari validasi ahli yang ditindaklanjuti dengan revisi, 4) uji coba produk awal di satu TK, 5) revisi hasil uji produk awal, 6) uji lapangan utama dilanjutkan dengan uji keefektifan model dengan eksperimen single-group time-series design di 24 TK seKabupaten Sleman pada anak TK kelompok B yang ditentukan dengan teknik random sampling, 7) revisi hasil uji lapangan utama, 8) uji lapangan operasional di dua TK dilanjutkan dengan uji kepraktisan melibatkan 10 praktisi, 9) revisi hasil uji lapangan operasional, dan 10) diseminasi dilanjutkan dengan implementasi. Pengumpulan data melalui observasi dengan instrumen skala untuk mengukur karakter kejujuran, kasih sayang, kesetiaan, kepercayaan, rasa hormat, dan tanggung jawab. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas isi dengan hasil valid dan uji reliabilitas dengan hasil tinggi (0,775). Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) MP Tri-N yang dihasilkan dapat mengembangkan karakter kejujuran, kasih sayang, kesetiaan, kepercayaan, rasa hormat, dan tanggung jawab, meliputi sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak pembelajaran. (2) Hasil validasi ahli menunjukkan MPTri-N sangat layak (0,963). (3) Hasil uji keefektifan menunjukkan MPTri-N efektif dimulai uji asumsi dengan Mauchly’s test sebesar 0,797 dan terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest terakhir dengan p = 0,000 (t<0,05) yang berarti model pembelajaran Tri-N berpengaruh signifikan terhadap peningkatan karakter anak. (4) Hasil uji kepraktisan menunjukkan MPTri-N sangat praktis melibatkan 10 praktisi dengan skor 3,88. Dengan demikian, MPTri-N yang dikembangkan layak, efektif, dan praktis.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: karakter anak usia dini, model pembelajaran, niteni, niroake,nambahi
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:42
Last Modified: 21 Jun 2023 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78114

Actions (login required)

View Item View Item