Susanto, Arif and Slamet, PH (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Kerja Industri pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
disertasi-arif susanto-14702261002.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (a) mengidentifikasi atribut karakter kerja industri otomotif yang diperlukan siswa SMK; (b) mengembangkan model pembelajaran karakter kerja industri otomotif siswa SMK; dan (c) menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran karakter kerja industri otomotif siswa SMK yang efektif dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini melalui tahap model faktual, model konseptual, model hipotetik, dan model final. Subyek penelitian adalah 36 orang siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Purworejo Jawa Tengah. Data penelitian awal dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas dan analisis dokumen. Sesuai dengan tahap pengembangan model pembelajaran karakter kerja industri dikelompokkan menjadi tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, pembuatan instrumen pengembangan model, dan pembuatan instrumen untuk mengukur efektivitasnya. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif untuk data wawancara dan observasi, sedangkan data awal penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif untuk menentukan unsur-unsur frekuensi mean, median, dan mode. Analisis keefektifan dalam penelitian ini dilakukan dengan pengujian efektivitas model pembelajaran melalui penelitian tindakan (action researh) dilakukan dengan cara mengukur perbedaan karakter kerja industri pada siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) atribut karakter kerja industri otomotif untuk siswa SMK dalam pembelajaran praktik otomotif meliputi tahapan; komitmen kerja, simulasi kerja, pemaknaan kerja, pembiasaan kerja dan refleksi kerja dengan indikator nilai- nilai karakter kerja industri meliputi: mandiri, inisiatif, disiplin, tanggungjawab, kerjasama dan kejujuran; dan (b) pengembangan model pembelajaran karakter kerja industri efektif dan praktis digunakan pada pembelajaran praktik otomotif siswa SMK. Data efektifitas pengembangan model pembelajaran karakter kerja industri menunjukkan nilai rata-rata sebesar 88,75% sedangkan data kepraktisan pengembangan model pembelajaran karakter kerja industri menunjukkan nilai rata-rata sebesar 97,50 %.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, karakter kerja, industri otomotif, siswa SMK |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 06:46 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 06:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78086 |
Actions (login required)
View Item |