Azhari, Jeviera Vanesha (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MAGNET MENYUSUN KATA UNTUK MEMBACA PERMULAAN BAGI SISWA KELAS 1 SD NEGERI CANGKRINGAN 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Jeviera Vanesha Azhari.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran Papan Magnet Menyusun Kata untuk pembelajaran membaca permulaan bagi Siswa Kelas I SD Negeri Cangkringan 2 Sleman, dan (2) mengetahui kelayakan media Papan Magnet Menyusun Kata pada pembelajaran membaca permulaan bagi Siswa Kelas I SD Negeri Cangkringan 2 Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, namun telah dimodifikasi menjadi 3-D karena keterbatasan peneliti yang terdiri dari define, design, dan develop. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Cangkringan 2 Sleman yang berjumlah 18 siswa. Enam siswa untuk uji coba kelompok kecil dan dua belas siswa untuk uji coba lapangan. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, skala, dan angket. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan secara keseluruhan layak. Kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi didapatkan nilai rata-rata 4,17 dengan kategori baik. Kelayakan media pembelajaran menurut ahli media didapatkan nilai rata-rata 4,81 dengan kategori sangat baik. Kelayakan media pembelajaran menurut guru sebagai praktisi didapatkan nilai rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Media Papan Magnet Menyusun Kata dapat dikategorikan layak karena nilai rata-rata yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil adalah 96,7 dan nilai rata-rata 98,3 pada uji coba lapangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengembangan media, papan magnet, membaca permulaan |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:50 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78066 |
Actions (login required)
View Item |