HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Rahayu Hardini, Widasari (2012) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244047.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244047.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244047.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244047.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244047.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan bercerita siswa kelas V sekolah dasar negeri se-Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar negeri se-Kecamatan Wonosari dengan jumlah 578 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yang selanjutnya diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Sedangkan, objek yang diteliti adalah penguasaan kosakata dan keterampilan bercerita. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan bercerita siswa kelas V SD N se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,409 > 0,207) pada taraf signifikansi 0,05 (∝ = 5%). Adanya korelasi positif ini menandakan hubungan searah yang nyata antara kedua variabel. Artinya, makin tinggi penguasaan kosakata siswa akan semakin tinggi pula keterampilan bercerita siswa, demikian sebaliknya. Nilai koefisien korelasi yang berada pada interval 0,40 – 0,599 menunjukkan bahwa hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan bercerita siswa kelas V SD N se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul masuk pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penguasaan kosakata, keterampilan bercerita
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7805

Actions (login required)

View Item View Item