FAKTOR YANG MENDUKUNG KELANCARAN PROGRAM PPL MAHASISWA PPKHB PENJAS ORKES FIK UNY DI KABUPATEN MAGELANG

Kuryono, Kuryono (2012) FAKTOR YANG MENDUKUNG KELANCARAN PROGRAM PPL MAHASISWA PPKHB PENJAS ORKES FIK UNY DI KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 10601247017.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 - 10601247017.pdf

Download (31MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 10601247017.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 10601247017.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 10601247017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kelancaran pelaksanaan PPL mahasiswa program PPKHB Tahun 2010 di Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode penelitian adalah survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa program PPKHB Penjas Orkes angkatan 2010 yang pada tanggal 17 Oktober sampai 28 November 2011 melaksanakan kegiatan PPL di Kabupaten Magelang yang jumlahnya 91 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling yaitu cara pengambilan sampel dari tiap-tiap sub populasi dengan memperhitungkan besar kecilnya sub-sub populasi tersebut sejumlah 32 mahasiswa. Kelas G diambil 20 mahasiswa dari 54 mahasiswa sedangkan kelas H diambil 12 dari 37 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan hasil nilai korelasi semua angket positif dan tingkat probabilitas < 0.05 sehingga semua butir angket dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen diperoleh nilai Alpha Cronbrach sebesar 0,957, berada di atas batas minimal 0,70 sehingga disimpulkan bahwa instrumen mempunyai reabilitas yang baik (andal). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis presentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelancaran program PPL mahasiswa PPKHB Penjasorkes Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta di Kabupaten Magelang didukung faktor internal yang meliputi sikap terhadap belajar, motivasi belajar, konsentrasi belajar, mengolah bahan belajar dan menyimpan hasil belajar sebesar 92,24% dan faktor eksternal yaitu guru, sarana dan prasarana, kebijakan, lingkungan sosial dan kurikulum sebesar 82,89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor internal lebih berperan dalam mendukung kelancaran kegiatan PPL mahasiswa dibandingkan faktor eksternal. Hal tersebut karena tidak semua sekolah memiliki faktor eksternal yang mendukung, jadi keterbatasan faktor eksternal merupakan pemicu semangat mahasiswa untuk mensukseskan kegiatan PPL. Kata Kunci : Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kelancaran PPL

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kelancaran PPL
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item