PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 6 PANGKALPINANG

Hariwijaya, Firmansyah Saeful (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 6 PANGKALPINANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Firmansyah Saeful Hariwijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasy Experiment dengan desain The Non-Equivalent Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes pilihan ganda (multiple choice). Teknik analisis data penelitian menggunakan Independent Sample T Test berbantu perangkat lunak SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi perubahan wujud benda di SD Negeri 6 Pangkalpinang. Hasil ini dibuktikan dengan hasil postest kelas eksperimen yang menggunakan Quizizz lebih besar yaitu 82,004 daripada kelas kontrol yang menggunakan media cetak modul sebesar 74,634. Hasil ini memperoleh nilai r hitung sebesar 0,031 yang mana r hitung < α (0,05) yang diuji dengan rumus uji hipotesis Independent Sample T Test. Sehingga hipotesis H 0 ditolak dan H 1 diterima yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, quizizz, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:27
Last Modified: 07 Jun 2023 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77991

Actions (login required)

View Item View Item