Hariwijaya, Firmansyah Saeful (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 6 PANGKALPINANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Firmansyah Saeful Hariwijaya.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasy Experiment dengan desain The Non-Equivalent Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes pilihan ganda (multiple choice). Teknik analisis data penelitian menggunakan Independent Sample T Test berbantu perangkat lunak SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi perubahan wujud benda di SD Negeri 6 Pangkalpinang. Hasil ini dibuktikan dengan hasil postest kelas eksperimen yang menggunakan Quizizz lebih besar yaitu 82,004 daripada kelas kontrol yang menggunakan media cetak modul sebesar 74,634. Hasil ini memperoleh nilai r hitung sebesar 0,031 yang mana r hitung < α (0,05) yang diuji dengan rumus uji hipotesis Independent Sample T Test. Sehingga hipotesis H 0 ditolak dan H 1 diterima yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, quizizz, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 02:27 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77991 |
Actions (login required)
View Item |