PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE EDUKATIF MENYUSUN HURUF UNTUK ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B BAWURAN PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Lestariwati, Triwulan (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE EDUKATIF MENYUSUN HURUF UNTUK ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B BAWURAN PLERET BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Triwulan Lestariwati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk menghasilkan media puzzle edukatif yang layak digunakan untuk menyusun huruf bagi anak Taman Kanak- kanak Kelompok B Bawuran Pleret Bantul Yogyakarta. Langkah dalam model Research And Development menurut Borg and Gall yang digunakan dibatasi menjadi 8, meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, penyempurnaan produk awal, uji coba lapangan utama, menyempurnakan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan. Tingkat kelayakan produk berdasarkan pada penilaian oleh ahli materi dan ahli media. Produk kemudian diujicobakan kepada anak melalui 3 tahap uji coba yaitu uji coba lapangan awal kepada 2 anak, uji coba lapangan utama kepada 4 anak dan uji coba pelaksanaan operasional kepada 11 anak. Seluruh subjek uji coba merupakan anak Kelompok B Taman Kanak-kanak ABA Bawuran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa media puzzle edukatif penyusun huruf telah dikatakan layak. Hal tersebut didukung oleh penilaian ahli materi dengan skor akhir 4,4 termasuk dalam kategori layak, penilaian ahli media dengan skor akhir 5 termasuk kategori layak, uji coba lapangan awal mendapatkan presentase skor 80% termasuk dalam kategori layak, uji coba lapangan utama mendapatkan presentase 92,5% termasuk dalam kategori layak dan uji coba lapangan operasional mendapatkan presentase skor 97,27% termasuk dalam kategori layak. Hasil dari penilaian yang telah dilakukan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa media puzzle edukatif telah layak untuk digunakan anak Kelompok B Taman Kanak-kanak ABA Bawuran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: puzzle edukatif, huruf, Kelompok B Taman Kanak-kanak
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:32
Last Modified: 07 Jun 2023 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77990

Actions (login required)

View Item View Item