Pengembangan Media Kartu Aktivitas Pembelajaran Pencak Silat Berbasis QR Code Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Pratama, Privindo Meiditya (2023) Pengembangan Media Kartu Aktivitas Pembelajaran Pencak Silat Berbasis QR Code Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_privindo meiditya pratama_20633251017.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tahapan dalam pengembangan media pembelajaran KARTAS PEPES (Kartu Aktivitas Pembelajaran Pencak Silat) untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman pencak silat di sekolah menengah pertama 2) Mengetahui penilaian kelayakan media pembelajaran KARTAS PEPES dari ahli media, ahli materi, dan praktisi 3) Mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran KARTAS PEPES dan untuk meningkatkan pemahaman materi pencak silat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validasi penelitian dilakukan oleh tiga ahli materi dan tiga ahli media. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah guru dan siswa. Uji coba dilakukan meliputi dua tahapan yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) pengembangan media KARTAS PEPES melalui lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi; (2) kelayakan media KARTAS PEPES dinilai berdasarkan pada: a) Aspek Materi diperoleh rata-rata skor 3,39 yang termasuk kategori Sangat Layak, b) Aspek Media diperoleh rata-rata skor 3,74 yang termasuk kategori Sangat Layak, dan c) Uji coba kecil diperoleh rata-rata skor 3,61 yang termasuk kategori Sangat Layak, d) Uji coba besar diperoleh rata-rata skor 3,62 yang termasuk kategori Sangat Layak; (3) penilaian siswa pada motivasi belajar diperoleh rata-rata skor 3,71 yang termasuk kategori Sangat Memotivasi; (4) berdasarkan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai mean post-test 78,61 > mean pre-test 44,69 yang berarti adanya peningkatan rata-rata sebesar 33,92. Peningkatan ini dikatakan signifikan karena nilai sig(2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KARTAS PEPES layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pencak silat, QR Code
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 May 2023 08:58
Last Modified: 30 May 2023 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77941

Actions (login required)

View Item View Item