PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP FLOURISHING PADA EMERGING ADULTS YANG PERNAH MELAKUKAN UPWARD SOCIAL COMPARISON DI INSTAGRAM

Nugraheni, Hanifa (2023) PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP FLOURISHING PADA EMERGING ADULTS YANG PERNAH MELAKUKAN UPWARD SOCIAL COMPARISON DI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
FINAL TAS_Hanifa Nugraheni.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Emerging adults yang melakukan upward social comparison di instagram rentan mengalami permasalahan psikologis yang disebabkan oleh tantangan tugas perkembangan dan emosi negatif yang muncul dari proses perbandingan. Individu memerlukan flourishing agar lebih adaptif dan mampu mengembangkan potensi diri, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan flourishing, salah satunya dengan menumbuhkan self-compassion. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-compassion terhadap flourishing pada emerging adults yang pernah melakukan upward social comparison di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan kriteria subjek penelitian individu berusia 18–25 tahun, pengguna Instagram, pernah melakukan upward social comparison dan berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang berjumlah 397 responden. Instrumen penelitian menggunakan Self-Compassion Scale–Short Form (SCS-SF) dan PERMA-Profiler. Validitas instrumen diuji berdasarkan expert judgement. Reliabilitas instrumen diuji berdasarkan koefisien Cronbach‟s Alpha, skala self-compassion menunjukkan nilai α = 0,864 dan α = 0,874 pada skala flourishing. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self-compassion terhadap flourishing pada emerging adults yang pernah melakukan upward social comparison di Instagram (p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 34,3%. Hasil menunjukkan bahwa semakin tinggi self-compassion, maka semakin tinggi pula flourishing individu. Oleh karena itu, disarankan bagi individu untuk meningkatkan self-compassion yang memproteksi diri dari emosi negatif yang muncul saat membandingkan diri dengan orang lain, untuk menumbuhkan flourishing agar lebih adaptif dalam memenuhi tugas perkembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 30 May 2023 07:32
Last Modified: 30 May 2023 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77932

Actions (login required)

View Item View Item