PERBEDAAN STATUS KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG BERPRESTASI AKADEMIK DENGAN SISWA YANG TIDAK BERPRESTASI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI

Krisnanda , Dwi Apriyanto (2012) PERBEDAAN STATUS KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG BERPRESTASI AKADEMIK DENGAN SISWA YANG TIDAK BERPRESTASI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08603141028.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08603141028.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08603141028.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08603141028.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08603141028.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status kebugaran jasmani siswa yang berprestasi akademik, status kebugaran jasmani siswa yang tidak berprestasi akademik, serta perbedaan status kebugaran jasmani siswa yang berprestasi akademik dengan siswa yang tidak berprestasi akademik di SMA Negeri 1 Boyolali. Populasi penelitian ini adalah siswa putra kelas X SMA Negeri 1 Boyolali, sedangkan sampel penelitian ini adalah 30 siswa putra kelas X yang terdiri atas 15 siswa berprestasi dan 15 siswa tidak berprestasi yang diambil secara purposive sampling. Ukuran prestasi akademik dilihat dari rata-rata nilai rapor. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitikal yang dilakukan dengan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan datanya menggunakan instrumen tes. Tes yang digunakan adalah Multistage Fitness Test. Analisis data menggunakan uji t-test dengan taraf signifikansi yang digunakan sebesar 0,05 untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara status kebugaran jasmani siswa yang berprestasi akademik dengan siswa yang tidak berprestasi akademik di SMA Negeri 1 Boyolali. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara status kebugaran jasmani siswa yang berprestasi akademik dengan siswa yang tidak berprestasi akademik di SMA Negeri 1 Boyolali. Hasil perhitungan uji-t menghasilkan t hitung = 3,387 lebih besar dari t table (t (28)) = 2,05 dengan taraf signifikansinya 0,05. Mean siswa yang berprestasi akademik sebesar 36,638 sedangkan mean kelompok siswa yang tidak berprestasi akademik sebesar 31,954. Maka dapat disimpulkan bahwa kelompok siswa yang berprestasi akademik memiliki status kebugaran jasmani yang lebih baik daripada kelompok siswa yang tidak berprestasi akademik. Kata kunci: kebugaran jasmani, siswa berprestasi, siswa tidak berprestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, siswa berprestasi, siswa tidak berprestasi.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7793

Actions (login required)

View Item View Item