Inovasi Terapi Latihan untuk Pemulihan Nyeri, Fleksibilitas dan Kemampuan Fungsional pada Penderita Nyeri Punggung Bawah Nonspesifik Kronis

Yuniana, Rina (2023) Inovasi Terapi Latihan untuk Pemulihan Nyeri, Fleksibilitas dan Kemampuan Fungsional pada Penderita Nyeri Punggung Bawah Nonspesifik Kronis. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rina yuniana_20608261025.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bentuk inovasi terapi latihan untuk pemulihan nyeri, fleksibilitas dan kemampuan fungsional pada penderita nyeri punggung bawah nonspesifik kronis, (2) menguji kelayakan bentuk inovasi terapi latihan untuk pemulihan nyeri, fleksibilitas dan kemampuan fungsional pada penderita nyeri punggung bawah nonspesifik kronis, (3) menguji keefektivan bentuk inovasi terapi latihan untuk pemulihan nyeri, fleksibilitas dan kemampuan fungsional pada penderita nyeri punggung bawah nonspesifik kronis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur penelitian pada tahap pertama (Analyze, Design, Development) menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan mendeley, analisis data menggunakan tematik kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah dokumen dan tujuh orang ahli. Analisis data menggunakan formula Aiken. Tahap kedua yaitu Implementation dan Evaluation. Uji coba skala kecil dilakukan oleh penderita nyeri punggung bawah nonspesifik kronis sebanyak 7 orang dan 2 terapis. Uji coba skala besar sebanyak 15 orang dengan 4 terapis. Uji efektifitas pada program latihan dilakukan dengan jumlah partisipan sebanyak 43 orang. Analisis data menggunakan Product moment. Uji efektivitas menggunakan uji statistik paired sample t-test dan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Untuk mengukur nyeri menggunakan instrument VAS (Visual Analoge Scale), mengukur fleksibilitas menggunakan instrument FTF (Fingertip to Floor) dan untuk mengukur kemampuan fungsi tubuh menggunakan modifikasi ODI (Oswestry Disability Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk inovasi terapi latihan untuk pemulihan penderita nyeri punggung bawah nonspesifik kronis dikembangkan dengan metode ADDIE, yang terdiri dari 20 gerakan (2) Bentuk inovasi terapi latihan untuk pemulihan nyeri, fleksibilitas dan kemampuan fungsional pada penderita nyeri punggung bawah nonspesifik kronis yang dikembangkan layak dengan menggunakan indeks Aiken dengan skor V terendah sebesar 0,821 dan skor V tertinggi sebesar 1,000 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,750. Uji skala kecil mendapatkan skor 95,16 % (layak). Uji skala besar mendapatkan skor 96,53% (layak). (3) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terapi latihan efektif untuk menurunkan nyeri, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan kemampuan fungsional penderita nyeri punggung bawah nonspesifik kronis.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. Kopromotor: Prof. Dr. dr. BM. Wara Kushartanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: latihan; terapi latihan; nyeri punggung bawah nonspesifik kronis
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 May 2023 07:47
Last Modified: 30 May 2023 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77929

Actions (login required)

View Item View Item