Perbandingan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Antara Guru PNS dan Non PNS di Kapanewon Godean Sleman

Widyowati, Suwarni (2023) Perbandingan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Antara Guru PNS dan Non PNS di Kapanewon Godean Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_suwarni widyawati_21604251011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kinerja guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang berstatus PNS dan non-PNS di Kapanewon Godean Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Sampel penelitian sebanyak 35 orang guru PJOK yang terdiri dari 10 orang guru PNS dan 25 orang guru non-PNS yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diadaptasi dari instrumen penelitian sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Studi menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru PJOK SD PNS dan non-PNS dalam enam aspek, yaitu perencanaan pembelajaran (p=0,369), pelaksanaan pembelajaran (p=0,185), penilaian hasil belajar (p=0,740), melatih dan membimbing (p=0,804), tugas tambahan (p=0,402), dan mengembangkan kegiatan profesi (p=0,492). Nilai p untuk setiap perbandingan lebih besar dari nilai signifikansi 0,05. Disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru PJOK SD PNS dan Non-PNS pada enam aspek yang diamati, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar siswa, melatih dan membimbing siswa, melaksanakan tugas tambahan, dan mengembangkan kegiatan profesi. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memberikan dukungan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kinerja guru PJOK SD, baik PNS maupun Non-PNS, agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas bagi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: guru PJOK, PNS, non-PNS, kinerja, SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 May 2023 07:00
Last Modified: 25 May 2023 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77888

Actions (login required)

View Item View Item