Pengaruh Metode Latihan Massed Practice dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Backhand Short Service dan Forehand Short Service Dalam Permainan Bulutangkis Peserta Sekolah Bulutangkis Victory Yogyakarta

Sayefuddin, Sayefuddin (2023) Pengaruh Metode Latihan Massed Practice dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Backhand Short Service dan Forehand Short Service Dalam Permainan Bulutangkis Peserta Sekolah Bulutangkis Victory Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sayefuddin_21633251008.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap ketepatan backhand short service dalam permainan bulutangkis peserta sekolah bulutangkis victory yogyakarta (2) pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap ketepatan forehand short service dalam permainan bulutangkis peserta sekolah bulutangkis victory Yogyakarta (3) mana yang lebih berpengaruh signifikan antara metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap ketepatan backhand short service dalam permainan bulutangkis peserta sekolah bulutangkis victory yogyakarta (4) mana yang lebih berpengaruh signifikan antara metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap ketepatan forehand short service dalam permainan bulutangkis peserta sekolah bulutangkis victory yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta sekolah bulutangkis victory yogyakarta yang berumlah 33 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 orang kelas remaja usia 13-15 tahun. Pengumpulan data dengan tes short service dalam permainan bulutangkis. Analisis data dengan analisis varians 2x2. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) metode latihan massed practice dan distributed practice memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan backhand short service dalam permainan bulutangkis peserta sekolah bulutangkis victory yogyakarta, dengan hasil perhitungan thitung 3,36 > ttabel 2,10. (2) metode latihan massed practice dan distributed practice memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan backhand short service dalam permainan bulutangkis peserta sekolah bulutangkis victory yogyakarta dengan hasil perhitungan thitung 2,84 > ttabel 2,10. (3) metode latihan massed practice berpengaruh lebih signifikan dari pada metode latihan distributed practice terhadap ketepatan backhand short service dalam permainan bulutangkis peserta sekolah bulutangkis victory yogyakarta, dengan hasil perhitungan (15,84>12,60). (4) metode latihan massed practice berpengaruh lebih signifikan dari pada metode latihan distributed practice terhadap ketepatan forehand short service dalam permainan bulutangkis peserta sekolah bulutangkis victory yogyakarta, dengan hasil perhitungan (12,84>12,60).

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode latihan massed practice, distributed practice, hasil ketepatan backhand, forehand service permainan bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 May 2023 08:07
Last Modified: 26 May 2023 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77877

Actions (login required)

View Item View Item