Model Pembelajaran TGfU Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pajangan

Asmarita, Desi (2023) Model Pembelajaran TGfU Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pajangan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_desi asmarita_20733251007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) pada kelas VIII SMP N 2 Pajangan. Subjek penelitian pada ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 pajangan berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi dengan menggunakan 2 siklus. Penelitian ini menggunakan instrument yaitu, lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) dapat meningkatkan proses pembelajaran passing bawah kelas VIII SMP Negeri 2 Pajangan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa (1) dengan menggunakan model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) siswa menjadi lebih aktif, senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran bolavoli, (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkatkan dengan nilai rata-rata kelas 63,5 menjadi 89,24 (sangat baik) dan hasil observasi keaktifan siswa dengan skor total 12 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar passing bawah peserta didik SMP Negeri 2 Pajangan kelas VIII meningkat dengan model pemebelajaran TGfU.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: TGfU, hasil belajar, passing bawah bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 May 2023 04:11
Last Modified: 25 May 2023 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77876

Actions (login required)

View Item View Item