Khusna, Laila Hidayatul (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X TBSM SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Laila Hidayatul Khusna.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran Edmodo, persepsi siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat pemanfaatan media pembelajaran Edmodo pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru Bahasa Inggris kelas X TBSM, dan 8 siswa X TBSM yang ditemui disekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yaitu teknik triangulasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif meliputi reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sekolah melakukan perencanan pembelajaran online dengan mempersiapkan media pembelajaran Edmodo secara maksimal; 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Edmodo berbasis online berjalan efektif, kreatif, dan dapat mendorong semangat belajar sehingga dapat meningkatkan sikap kemandirian belajar siswa karena mempunyai kebebasan untuk belajar dengan atau tanpa harus mengikuti pelajaran yang diberikan oleh gurunya di dalam kelas atau flexible pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja; 3) Evaluasi dilakukan setelah guru memberikan materi atau quiz pada media pembelajaran Edmodo
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Edmodo, Bahasa Inggris |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 02:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77870 |
Actions (login required)
View Item |