Evaluasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar (SD) di Korwil Bidang Pendidikan Kapanewon Patuk, Gunungkidul

Ismediyono, Ismediyono (2023) Evaluasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar (SD) di Korwil Bidang Pendidikan Kapanewon Patuk, Gunungkidul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ismediyono_21604251012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sarana dan prasarana yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD di Korwil Bidang Pendidikan Kapanewon Patuk, Gunung Kidul dengan menggunakan model CIPP yang mencakup aspek Konteks, Input, Proces, dan produk. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan 24 guru mata pelajaran pendidikan jasmani. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif dan validitas instrumen penelitian diuji dengan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi dan kelayakan sarana dan prasarana untuk jenis olahraga permainan masih kurang baik dengan nilai interval sebesar 49%, sementara nilai interval untuk jenis olahraga senam dan atletik masing-masing adalah 31% dan 26%, dengan nilai interval keseluruhan dari tiga jenis olahraga adalah 35%. Pemenuhan standarisasi juga masih kurang baik dengan nilai 27%. Namun, pelaksanaan pembelajaran PJOK di SD di Korwil Bidang Pendidikan Kapanewon Patuk, Gunungkidul sudah baik dengan nilai 67% dan hasil pembelajaran PJOK mencapai 75%. Oleh karena itu, meskipun masih ada kekurangan, kreativitas dan inovasi dari guru dalam mengajar telah membuat proses pembelajaran PJOK berjalan dengan baik dan pemenuhan nilai KKM mata pelajaran PJOK terpenuhi. Saran yang diberikan adalah perlu adanya peningkatan dan perbaikan pada sarana dan prasarana, pemenuhan standar yang diatur dalam peraturan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran yang sesuai, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan olahraga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di SD di Korwil Bidang Pendidikan Kapanewon Patuk, Gunungkidul. Selain itu, perlu dilakukan perbaikan khusus untuk meningkatkan pencapaian prestasi belajar siswa dalam jenis olahraga yang masih kurang baik melalui latihan tambahan atau kegiatan intensif.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran, PJOK, SD, Gunungkidul
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 May 2023 02:07
Last Modified: 06 Jul 2023 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77852

Actions (login required)

View Item View Item