Pengaruh Latihan Theraband Dengan Metode Circuit Training Terhadap Kekuatan dan Akurasi Smash Pada Pemain Bulutangkis di PB Sopan Sopian

Amin, Aji Suhendra Indra (2023) Pengaruh Latihan Theraband Dengan Metode Circuit Training Terhadap Kekuatan dan Akurasi Smash Pada Pemain Bulutangkis di PB Sopan Sopian. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aji suhendra indra amin_17603141005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latiha Theraband dengan metode circuit training terhadap kekuatan dan Akurasi Smash pada Pemain bulutangkis di PB Sopan Sopian penelitian ini didasari dari observasi peneliti di PB Sopan Sopian terdapat beberapa atlet yang memiliki Akurasi Smash masih kurang baik atau tidak akurat dan kekutan atlet masih kurang sehingga mentebabkan lemahnya hasil pukulan smash sehingga sangat diperlukan program latihan yang sistemmatis dengan menggunakan peralatan berupa Theraband supaya menabah variasi latihan untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Disain yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rancangan “one group pretest-posttest design”. Pada penelitin yang dilakuka pada tanggal 10 – 22 Maret 2023, Instrumen yang digunakan adalah Instrument penelitian tes Smash menggunakan instrument dari (Anasir, 2010), Instrumen penelitian tes kekuatan otot lengan dengan menggunakan handgrip dynamometer. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet PB Sopan Sopian berjumlah 25 atlet dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang belum mengausai Teknik Smash dan umur dibawah 17 tahun. Teknik analisis data menggunakan uji t paired sampel t test. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung Kekuatan Otot lengan dan Akurasi Smash < 0,00 dari nilai uji paired sampel t test nilai sig. 0.00 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan post test sehingga dalam penelitian ini menunjukan hasil subjek mengalami peningkatan kekuatan dan Akurasi Smash pasca latihan kekuatan otot lengan menggunakan Theraband dengan metode circuit training.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sigit Nugroho, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Theraband, Smash, kekutan, otot lengan, circuit training, bulutangkis
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 May 2023 02:01
Last Modified: 25 May 2023 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77849

Actions (login required)

View Item View Item