Efektivitas Traditional Massage dan Swedish Massage Dalam Menurunkan Tingkat Kelelahan dan Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Pekerja Pasca Covid-19

Shafi, Sabda Hussain As (2023) Efektivitas Traditional Massage dan Swedish Massage Dalam Menurunkan Tingkat Kelelahan dan Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Pekerja Pasca Covid-19. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sabda hussain as shafi_21611251074.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas traditional massage dalam menurunkan tingkat kelelahan dan meningkatkan kualitas tidur pada pekerja pasca covid-19, (2) efektivitas Swedish massage dalam menurunkan tingkat kelelahan dan meningkatkan kualitas tidur pada pekerja pasca covid-19, (3) Mengetahui perbandingan efektivitas antara metode traditional massage dan Swedish massage dalam menurunkan tingkat kelelahan dan meningkatkan kualitas tidur pada pekerja pasca covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan two group experiment design. Model penelitian menggunakan dua kelompok sampel berbeda dengan perlakuan yang berbeda pula. Sampel penelitian merupakan pekerja pasca covid-19 yang mengalami kelelahan dan kualitas tidur buruk berjumlah 40 orang yang dibagi menjadi dua kelompok secara random berjumlah 20 orang. Kelompok A menggunakan metode traditional massage dan kelompok B menggunakan metode Swedish massage. Perlakuan dilakukan sebanyak satu kali perlakuan dengan durasi 45 menit. Pengukuran tingkat kelelahan menggunakan instrumen Fatigue Severty Scale, kualitas tidur menggunakan instrument Kuesioner Kualitas Tidur (KKT). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji beda (paired t test dan independent t test). Hasil penelitian menunjukan bahwa metode traditional massage maupun Swedish massage dapat menurunkan tingkat kelelahan dan meningkatkan kualitas tidur secara signifikan dengan nilai p<0,05. Hasil perbedaan selisih data pretest dan postest perlakuan traditional massage dan Swedish massage terhadap tingkat kelelahan dan kualitas tidur menghasilkan nilai p>0,05, sehingga disimpulkan bahwa kedua jenis perlakuan tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes., AIFO.
Uncontrolled Keywords: traditional massage, Swedish massage, kelelahan, kualitas tidur, pekerja pasca Covid-19
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2023 02:36
Last Modified: 24 May 2023 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77844

Actions (login required)

View Item View Item