Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Penerimaan Bola Pertama pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Putri di SMA Negeri 1 Sewon

Maharani, Lenia Agista (2023) Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Penerimaan Bola Pertama pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Putri di SMA Negeri 1 Sewon. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_lenia agista maharani_19601241045.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan anatara koordinasi mata-tangan terhadap keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri di SMA N 1 Sewon, (2) hubungan antara kelincahan terhadap keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri di SMA N 1 Sewon, (3) hubungan antara koordinasi mata-tangan dan kelincahan terhadap keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri di SMA N 1 Sewon. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu terdapat pada ekstrakurikuler bola voli putri di SMA Negeri 1 Sewon dengan jumlah 17 orang yang terdiri dari kelas 10 hingga kelas 12. Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan purposive sampling, dengan kriteria yaitu: (1) pemain aktif yang mengikuti latihan, (2) kondisi sehat, (3) bersedia menjadi sampel. Dari kriteria diatas yang dapat memenuhi yaitu 17 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur koordinasi mata tangan yaitu lempar tangkap bola tenis dengan tembok, kelincahan menggunakan agility T test, dan keterampilan penerimaan bola pertama dengan lembar observasi penerimaan bola pertama. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya hubungan signifikan pada koordinasi mata-tangan terhadap keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri di SMA Negeri 1 Sewon, dengan nilai yang diperoleh sebanyak 0,963 (2) adanya hubungan signifikan antara kelincahan pada keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri di SMA Negeri 1 Sewon, dengan perolehan nilai sebanyak -0,865, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dan kelincahan terhadap keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri di SMA Negeri 1 Sewon, dengan perolehan nilai sebanyak 88,111.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: koordinasi mata-tangan, kelincahan, penerimaan bola pertama
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2023 02:19
Last Modified: 24 May 2023 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77842

Actions (login required)

View Item View Item