PENGEMBANGAN DESAIN PROGRAM PELATIHAN FLIPPED CLASSROOM DI KABUPATEN BELITUNG TIMUR

Raymond, Panji (2022) PENGEMBANGAN DESAIN PROGRAM PELATIHAN FLIPPED CLASSROOM DI KABUPATEN BELITUNG TIMUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Panji Raymond.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

ii PENGEMBANGAN DESAIN PROGRAM PELATIHAN FLIPPED CLASSROOM BAGI GURU SMP DI KABUPATEN BELITUNG TIMUR Oleh: Panji Raymond NIM 18105241001 ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe desain program pelatihan Flipped Classroom yang layak untuk diimplementasikan guna mengembangkan kompetensi guru SMP di Kabupaten Belitung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan level 1 yang mengacu pada Model Pengembangan Instruksional (MPI). Prosedur pengembangan dilakukan melalui 8 langkah sebagaimana dalam MPI. Subjek pengumpulan data kebutuhan produk dilakukan kepada guru SMP di Kabupaten Belitung Timur dan kepala bidang PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur. Sedangkan subjek evaluasi produk yaitu ahli desain pembelajaran, ahli materi pelatihan, ahli media pembelajaran, widyaiswara dan calon peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui kuesioner, wawancara dan studi literatur. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis kualitatif pada tahap ke-1 dan ke-8, serta analisis kuantitatif pada tahap ke-3 dan ke-8 sebagaimana dalam langkah kerja MPI. Penelitian ini menghasilkan prototipe desain produk berupa kurikulum, bahan instruksional berupa modul, panduan peserta, panduan widyaiswara, dan panduan penyelenggara sebagai spesifikasi penyelenggaraan program pelatihan. Pada tahap evaluasi formatif expert review, dalam skala 4,0 nilai rerata yang diperoleh dari ahli desain pembelajaran yaitu 3,9 (sangat layak), ahli materi pelatihan yaitu 3,3 (layak), dan ahli media pelatihan yaitu 3,4 (layak). Pada tahap evaluasi one to one, dalam skala 4,0 nilai rerata yang diperoleh dari widyaiswara yaitu 3,7 (sangat layak) dan nilai dari 3 calon peserta program pelatihan yaitu 3,5 (sangat layak). Berdasarkan hasil evaluasi formatif tersebut maka disimpulkan bahwa prototipe desain program pelatihan Flipped Classroom ini sangat layak untuk diimplementasikan guna mengembangkan kompetensi guru SMP di Kabupaten Belitung Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: desain, instruksional, program pelatihan, flipped classroom, guru SMP di Kabupaten Belitung Timur.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:21
Last Modified: 07 Jun 2023 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77841

Actions (login required)

View Item View Item