Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Media Video Digital Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pada Materi Permainan Bola Voli

Purnama, Akwila Risky (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Media Video Digital Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pada Materi Permainan Bola Voli. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_akwila risky purnama_20633251004.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengonstruksi model pembelajaran problem based learning Melalui Media video digital untuk Meningkatkan Pengetahuan pada Materi Permainan Bola Voli, dan menguji keefektifan model pembelajaran problem based learning berbasis melalui Media video digital untuk Meningkatkan Pengetahuan Pada Materi Permainan Bola Voli. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pendekatan Borg and Gall melalui 6 tahapan yang langkah-langkahnya meliputi studi pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan produk awal, uji kelayakan ( uji coba skala kecil, revisi), Uji kelayakan ( uji coba skala besar, revisi), uji efektifitas. Uji validasi pada penelitian ini dilaksanakan melalui satu ahli yang mencakup ahli instrumen,media, dan materi. Uji coba skala kecil (36 responden) dan skala besar (72 responden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran permainan bola voli menggunakan model pembelajaran problem based learning melalui media video digital yang berupa materi dengan skor 29 kategori (baik), video digital dengan skor 31 kategori (baik) dan latihan soal dengan skor 41 kategori (sangat baik). Data kevalidan diperoleh dari validasi ahli. Kelayakan model pembelajaran diperoleh dari respon peserta didik yang memenuhi kriteria jelas. Data keefektifan diperoleh dari ketercapaian hasil belajar peserta didik secara konvesional serta pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning menggunakan media video digital untuk Meningkatkan Pengetahuan Pada Materi Permainan Bola Voli menggunakan model yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Ketercapaian hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model Problem Based Learning menggunakan media video digital dengan rata-rata 56.57 dengan kategori kurang baik, setelah diterapkan model Problem Based Learning menggunakan media video digital diperoleh hasil belajar dengan rata-rata 94.07 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, hasil pengembangan model Problem Based Learning berbasis video menggunakan media video digital pada materi permainan bola voli untuk meningkatkan pengetahuan permainan bola voli dikatakan efektif ditinjau dari pencapaian hasil belajar peserta didik yang meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan model PBL melalui media video digital, bola voli, pengetahuan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2023 04:02
Last Modified: 24 May 2023 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77840

Actions (login required)

View Item View Item