PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL TEMATIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI

GIRI, PRASETYO (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL TEMATIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241020.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241020.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241020.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241020.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108241020.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran terpadu model tematik kelas 3 sekolah dasar dimana guru memiliki peran penting dalam implementasi pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien. Meliputi kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru serta faktor penunjang lain yang diperlukan untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pertimbangan bahwa penelitian ini tidak menguji hipotesis ataupun mencari hubungan dari beberapa variabel, tetapi memaparkan fenomena yang ada yang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Subyek penelitian adalah guru kelas 3 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman pengamatan. Analisis data yang digunakan secara deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya digunakan trianggulasi data dengan cross ceck yaitu dengan membandingkan hasil dari metode wawancara, pengamatan, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran terpadu model tematik sudah dilaksanakan di semua kelas 3 sekolah dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, masih terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut diantaranya dalam hal cara mengatasi mata pelajaran yang sulit untuk ditematikkan yaitu di SD N III Manyaran, di SD N V Manyaran, SD N II Gunungan, SD N III Gunungan, SD N IV Gunungan, dan SD N V Gunungan. Strategi yang digunakan yaitu di SD N III Manyaran, SD N V Manyaran, SD N II Gunungan, SD N III Gunungan, dan SD N V Gunungan. Prosedur pelaksanaan yaitu di SD N III Gunungan, dan SD N V Gunungan. Pemilihan media belajar yaitu di SD N II Gunungan, SD N III Gunungan, dan SD N V Gunungan. Cara mengembangan silabus pembelajaran yaitu di SD N II Manyaran, SD N IV Manyaran, SD N II Gunungan, SD N III Gunungan, SD N IV Gunungan, dan SD N V Gunungan. Serta pelaksanaan evaluasi pembelajaran terpadu model tematik yang dilakukan yaitu di SD N V Gunungan. Kata kunci: pembelajaran terpadu model tematik, kelas 3, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran terpadu model tematik, kelas 3, sekolah dasar.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7784

Actions (login required)

View Item View Item