PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET MATERI METODE PENELITIAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS X MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA

Oktary, Nadhira Hasna (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET MATERI METODE PENELITIAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS X MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran E-Booklet materi metode penelitian sosial kelas X MAN 3 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan mengacu pada model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi : (1) Tahap Define, (2) tahap Design, (3) Tahap Development, (4) tahap Dissemination. Subjek uji coba penelitian ini adalah dosen sebagai validator ahli materi dan media, guru sebagai validator praktisi dan siswa kelas X MAN 3 SlemanYogyakarta sebagai subjek uji coba. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket online kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Booklet layak digunakan untuk pendamping media pembelajaran dengan hasil validasi akhir : (1) ahli materi dengan skor 85%, ahli media dengan skor 97%, dan guru dengan skor 90% dengan kriteria sangat layak, (2) uji coba skala kecil dengan skor 86% dan uji coba skala besar dengan skor 87,20% kriteria praktis sehingga media E-Booklet ini layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, validasi media, media E-Booklet
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 24 May 2023 01:59
Last Modified: 24 May 2023 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77839

Actions (login required)

View Item View Item