Hambatan Keterlaksanaan Pembelajaran Renang di SMP Se-Wilayah Pringsewu Selatan Lampung

Saputri, Rani Dian (2023) Hambatan Keterlaksanaan Pembelajaran Renang di SMP Se-Wilayah Pringsewu Selatan Lampung. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rani dian saputri_19601241053.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinggi hambatan keterlaksanaan pembelajaran renang di SMP Se-Wilayah Pringsewu Selatan Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru PJOK SMP Se-Wilayah Pringsewu Selatan Lampung sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang, ditentukan dengan mengambil seluruh subyek responden atau total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Hasil uji reliabilitas penelitian ini adalah 0,950. Hasil uji validitas menggunakan metode one-shot dengan r tabel 0,632 diperoleh melalui 31 pernyataan, 11 pernyataan tidak valid, dan menyisakan 20 pernyataan untuk pengumpulan data penelitian. Uji instrumen penelitian ini menggunakan teknik one-shot. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian, hambatan keterlaksanaan pembelajaran renang di SMP Se-Wilayah Pringsewu Selatan lampung yang masuk kategori sangat tinggi sebesar 10%, kategori tinggi sebesar 10%, kategori cukup sebesar 40%, kategori kurang sebesar 37%, dan kategori sangat kurang sebesar 3%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: hambatan, pembelajaran, renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2023 01:25
Last Modified: 24 May 2023 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77833

Actions (login required)

View Item View Item