Pengembangan Model Latihan Pembebanan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Statis dan Keseimbangan Statis Atlet Panahan

Suhasto, Siis (2023) Pengembangan Model Latihan Pembebanan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Statis dan Keseimbangan Statis Atlet Panahan. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_siis suhasto_20708261026.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan dan mevalidasi model latihan pembebanan gabungan beban linier dan beban bergelombang untuk kekuatan otot statis dan keseimbangan statis panahan. (2) Menguji kelayakan model latihan pembebanan gabungan latihan beban linier dan beban bergelombang (non linier) untuk kekuatan otot statis dan keseimbangan statis panahan. (3) Menguji efektivitas model latihan pembebanan gabungan latihan beban linier dan beban bergelombang (non linier) terhadap peningkatan kekuatan otot statis dan kesembangan statis atlet panahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah pengembangan menggunakan desain Borg and Gall, dengan modifikasi lima langkah yaitu (1) Penelitian awal dan pengumpulan informasi, (2) Perencanaan pembuatan produk awal, (3) Pengembangan produk hipotetik, (4) Uji efektivitas produk, (5) Desiminasi. Validator dilakukan pada ahli berjumlah 7 orang. Uji coba lapangan dilaksanakan di klub panahan Ojo Dumeh Archery club dan Spenpa Archery Banyumas dengan pelatih yang berjumlah 7 orang dan 20 atlet, sedangkan uji efektivitas dilaksanakan di 2 klub panahan Taurus Archery Club dan Lancip Archery club dengan atlet yang berjumlah 15 atlet. Instrumen pengumpulan data yaitu: wawancara dan angket. Instrumen uji efektivitas mengukur kekuatan otot statis yaitu Holding Bow Digitec Test dan keseimbangan yaitu Stork Stand Test. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model latihan pembebanan gabungan latihan beban linier dan beban bergelombang (non linier) secara berurutan yaitu enam kali beban linier dan 6 kali beban non linier untuk kekuatan otot statis dan keseimbangan statis panahan pemula tervalidasi ahli. (2) Model latihan pembebanan gabungan latihan beban linier dan beban bergelombang (non linier) untuk kekuatan otot dan keseimbangan statis panahan pada indikator bahasa sebesar 85,71% masuk dalam kategori layak, indikator prosedur latihan sebesar 82,14% masuk dalam kategori layak, indikator model pembebanan latihan aman terhadap tubuh sebesar 89,29% masuk dalam kategori layak, dan indikator model pembebanan latihan mudah dilaksanakan sebesar 85,71% masuk dalam kategori layak. (3) Model latihan pembebanan gabungan latihan beban linier dan beban bergelombang (non linier) efektif untuk meningkatkan kekuatan otot statis dan keseimbangan statis atlet panahan pemula, dengan nilai p < 0,05.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. Kopromotor: Dr. Widiyanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: model latihan pembebanan, beban linier, beban bergelombang, kekuatan otot statis, keseimbangan statis panahan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2023 01:14
Last Modified: 24 May 2023 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77832

Actions (login required)

View Item View Item