PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PRAKTEK MENJAHIT BUSANA PRIA DI SMK N 6 PURWOREJO

FAJAR, KUNY B. (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PRAKTEK MENJAHIT BUSANA PRIA DI SMK N 6 PURWOREJO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 09513242005.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 09513242005.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 09513242005.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 09513242005.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Motivasi belajar praktek menjahit busana pria pada kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMK N 6 Purworejo; 2)Pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi belajar menjahit busana pria di SMK N 6 Purworejo. 3)Pendapat siswa terhadap penggunaan musik dalam model pembelajaran quantum learning di SMK N 6 Purworejo. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 6 Purworejo berjumlah 64 siswa. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen dengan cara teknik rondom. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi motivasi, lembar angket motivasi dan lembar angket pendapat siswa. Analisis data dalam penelitian menggunakan menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan lembar angket yaitu terdapat 5 siswa (15.6%) kategori tinggi, 21 siswa (65.7%) ketegori rendah dan 6 siswa (18.7%) kategori sangat rendah. Sedangkan dengan menggunakan lembar observasi yaitu terdapat 4 siswa (12.5%) kategori tinggi, 22 siswa (68.7%) kategori rendah dan 6 siswa (18,8%) kategori sangat rendah. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan lembar angket yaitu 19 siswa (59.4%) kategori sangat tinggi, 13 siswa (40.6%) kategori tinggi. Sedangkan menggunakan lembar observasi yaitu 15 siswa (46,8%) kategori sangat tinggi, 17 siswa (53.1%) kategori tinggi. 2) Terdapat pengaruh motivasi belajar dengan penggunaan model pembelajaran quantum learning. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t (independen t-test) pada lembar angket t hitung 10.216 > t tabel 1.671 dengan rerata kelas eksperimen 137.41 dan rerata kelas kontrol 105.59. Sedangkan pada lembar observasi t hitung 11.731 > t tabel 1.671 dengan rerata kelas eksperimen 70.62 dan kelas kontrol 53.78. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan musik dalam pembelajaran quantum learning terhadap motivasi belajar kompetensi busana pria lebih baik dibandingkan dengan proses pembelajaran tanpa menggunakan musik pada kelas XI di SMK N 6 Purworejo. 3) Pendapat siswa tentang penggunaan musik dalam model pembelajaran quantum learning yaitu terdapat 23 siswa (71.9%) kategori sangat senang dan 9 siswa (28.1%) kategori senang. Maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa menanggapi secara positif terhadap penggunaan musik dalam model pembelajaran quantum learning.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menjahit busana, motivasi belajar, model pembelajaran quantum learning.
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7783

Actions (login required)

View Item View Item