Pengembangan Model Latihan Passing Berpasangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing dan Kerja Sama Tim pada Atlet Sepak Bola di Palembang

Alfani, Rendi (2023) Pengembangan Model Latihan Passing Berpasangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing dan Kerja Sama Tim pada Atlet Sepak Bola di Palembang. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rendi alfani_21611251061.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan model latihan passing berpasangan untuk meningkatkan keterampilan passing dan kerja sama tim pada atlet sepak bola di Palembang. (2) Mengetahui tingkat kelayakan model latihan passing berpasangan untuk meningkatkan keterampilan passing dan kerja sama tim pada atlet sepak bola di Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang melibatkan tahap-tahap pengembangan model dengan sepuluh Langkah/fase pengembangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi skala kecil, uji coba skala besar, revisi skala besar, produk akhir. Validasi dilakukan oleh ahli pembelajaran sepak bola dan praktisi pelatih. Uji coba terdiri dari uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan pengisian angket instrument keterampilan passing dan kerja sama tim. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil produk model latihan passing berpasangan untuk meningkatkan keterampilan passing dan kerja sama tim pada atlet sepak bola di Palembang dinyatakan layak dengan dilakukan uji coba skala kecil diperoleh data hasil uji coba dengan persentase 84% valid pada keterampilan passing dan 83% pada kerja sama tim dengan revisi dan uji coba skala besar mendapat persentase nilai 95,2% valid pada keterampilan passing dan 84,9% pada kerja sama tim tanpa revisi.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: model latihan, keterampilan passing, kerja sama tim
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 May 2023 07:31
Last Modified: 19 May 2023 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77792

Actions (login required)

View Item View Item