PENGEMBANGAN E-MODULE FLIP BOOK MAKERS BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MENULIS TEKS ULASAN DI SMP

SINA, SIPRIANUS (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE FLIP BOOK MAKERS BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MENULIS TEKS ULASAN DI SMP. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
siprianus sina_19707251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

E-Module flip book makers berbasis PBL merupakan media belajar yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan e-Module flip book makers berbasis PBL untuk meningkatkan motivasi dan prestasi Menulis Teks Ulasan di SMP, (2) menghasilkan e-Module flip book makers berbasis PBL yang layak untuk meningkatkan motivasi dan prestasi Menulis Teks Ulasan di SMP, (3) menghasilkan e-Module flip book makers berbasis PBL yang praktis untuk meningkatkan motivasi dan prestasi Menulis Teks Ulasan di SMP, dan (4) Menghasilkan e-Module flip book makers berbasis PBL yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi Menulis Teks Ulasan di SMP. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini meliputi: 1 Ahli Psikologi, 2 Ahli Materi, 2 Ahli Pembelajaran, 2 Guru bahasa Indonesia, 6 peserta didik, 3 one-to-one, 10 small group, dan 31 peserta didik untuk masing-masing kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi, angket instrumen kelayakan dan kepraktisan, serta tes keefektifan E-Module. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, t-test, yaitu independent atau pair sample t test dan N-Gain. Hasil penelitian ini yaitu e-Module menggunakan aplikasi Flibuilder dengan hasil export berbentuk PDF FlipHTML5 yang berisi materi menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menulis teks ulasan. Hasil menunjukkan bahwa: (1) E- Module flip book makers berbasis PBL bermanfaat meningkatkan motivasi dan prestasi menulis teks ulasan di SMP sesuai model ADDIE. (2) E-Module yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan uji kelayakan Ahli Materi (3,90) pada aspek materi, dan skor 3 pada aspek prestasi belajar domain kognitif dan psikomotorik, serta oleh Ahli Pembelajaran (3,67). (3) E-Module yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis sesuai uji respon guru (3,90), one-to-one (3,73), dan small group (3,53). (4) E-Module yang dikembangkan dinyatakan efektif sesuai uji keefektifan e-Module dalam pretest-posttest kelas eksperimen- kontrol, dengan uji t, yaitu independent atau pair sample t test dan N-Gain. Berdasarkan hasil t-test, skor motivasi dan prestasi belajar domain kognitif dan psikomotorik diperoleh Sig. 0,000 < 0,05. Selanjutnya, skor N-Gain motivasi belajar kelas eksperimen-kontrol (0,694 & 0,031), serta skor prestasi belajar kelas eksperimen-kontrol pada domain kognitif (0,623 & 0,027) dan psikomotorik (0,592 & 0,015). Kedua variabel tersebut berada pada kategori sedang untuk kelas eksperimen dan rendah untuk kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-Module, flip book makers, problem based learning, motivasi, prestasi, menulis teks ulasan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 16 May 2023 02:05
Last Modified: 16 May 2023 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77774

Actions (login required)

View Item View Item