PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI GAMOL

ERNA, HIDAYAH (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI GAMOL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241032.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241032.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241032.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241032.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108241032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas IVB SD Negeri Gamol Balecatur Gamping Sleman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Gamol yang berjumlah 16 siswa yaitu 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang terdiri dari mengidentifikasi topik, mengatur siswa dalam kelompok, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melakukan investigasi, membuat suatu laporan akhir, mempresentasikan serta mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan siswa kelas IVB SD Negeri Gamol dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotor siswa. Hasil belajar tersebut berupa perolehan nilai kognitif dengan rata-rata pada pra tindakan sebesar 66,38 untuk nilai ketuntasan 7 siswa atau 43,75% selanjutnya meningkat pada siklus I menjadi 73,43 untuk nilai ketuntasan 11 siswa atau 68,75% dan meningkat menjadi 87,5 untuk nilai ketuntasan 15 siswa atau 93,75% pada siklus II. Ranah afektif mencapai keberhasilan rata-rata kelas 72,34 pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 78,44 pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 6,11. Ranah psikomotor mencapai keberhasilan kelas 62,03 pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 77,34 pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 15,31. Dengan demikian, hasil belajar IPS dengan materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IVB SD Negeri Gamol dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Kata kunci: Hasil belajar siswa, mata pelajaran IPS, pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, mata pelajaran IPS, pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:07
Last Modified: 29 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7774

Actions (login required)

View Item View Item